Senin, 06 September 2010

antara gw, arsi, dan menggambar

Hahaha mungkin kalo ada lomba lama lamaan ngeposting di blog gw adalah pemenangnya *bangga
Jadi gini, gw bukannya sibuk ato apa, cuman ya karna waktu kosong gw sangat banyak, gw jadi sibuk ngerjain hal hal yang menyibukkan sehingga gw menjadi sangat sibuk (bingung?sama nih)
Liburan gw maren baik baik aja, cuman pas di lombok itu gw sempet tenggelem dan nyaris mati. Baru kali itu gw merasakan sangat dekat dengan yang namanya maut. Ehm. Lain postingan gw ceritain gimance kejadiannya.
Di post ini gw pengen cerita tentang kehidupan gw yang sekarang.
Banyak hal yang datang dan pergi, oh begitu saja, semua kutrima apa adanya (kenapa jadi nyanyi ciaa)
Haha seriusan ah, banyak hal yang gw alamin semenjak gw lulus sma (padahal lulus sma baru juga beberapa bulan huhu)
Ah ga pokus nih gueeeee.
Ehm.

Gw sekarang udah gede. Bukan secara fisik yah kalo itu mah emang udah dari duyuuu~
I mean gw udah mulai memasuki tahap pendewasaan. Ketuaan lah kalo dianggap remaja, namun masih terlalu dini dibilang dewasa.
Gw sekarang mesti mandiri. Gw ngekost gitu, gw udah mulai kuliah (haaaiii gw mahasiswi baru :D). Gw kuliah di universitas sebelas maret surakarta, dimana ini menjadi ptn favorit gw sejak dulu. Dari gw masuk sma 78, yang gw pikirin adalah gimana caranya gw bisa boker berdiri masuk uns tanpa gw mesti make jalur swadana. Seharusnya sih ya gw mesti rajin rajin belajar dan jarang madol kalo mau ip gw bagus, tapi apa dayaku aku hanya siswi biasa yang tergiur sama enaknya main dan madol. Sumpah masa sma tuh menggoda abis. Yah dengan kelakuan gw yang seperti ini selama 2,5 taun berturut turut ipk semester 5 gw ya segitu wae. Akhirnya bermodal nekat pun gw mendaftarkan diri buat ikut pmdknya uns. Tadinya ga boleh sama guru bk gw karna ipk gw yang ga memenuhi, tapi berkat rayuan maut temen gw, akhirnya gw dan temen gw itu bisa ikut pmdk uns, malah temen temen gw yang ipk nya notabene dibawah gw juga boleh ikut.

Nah dari sekian ratus orang angkatan gw, terdapatlah 7 orang kece yang minat sama pmdk uns. 6 orang termasuk gw ngambil fk, satu orang ngambil tekim. Disini otak gw berpikir (tumben), biasanya yang namanya pmdk itu dalam satu jurusan ga mungkin semuanya keterima, mentok mentok 2-3 orang udah bagus. Otak gw berpikir lagi, yang ngambil fk ada 6 orang. Otak gw lagi lagi berpikir, nilai gw adanya di tengah tengah mereka. Otak gw berpikiiiir lagi, kalo gini bisa ga ya gw keterima. Otak gw lalu menguap gara gara kebanyakan berpikir, ya ga lah haha. Kesimpulan dari pemikiran gw, adalah, gw kemungkinan besar ga keterima kalo milih fk karna masih ada yang nilainya di atas gw gitu. Akhirnya dengan senang riang hari yang kunantikan gw hapus fk dari pilihan gw lalu gw menuliskan ARSITEKTUR. Jeng jeng tanpa pertimbangan panjang gw tulis aja arsi. Kayanya asik gitu, seni lo jalan teknik lo juga jalan. Cuman disini kesalahan otak gw, otak gw lupa bahwa gw itu TIDAK BERSENI. Mengeluarkan air seni iya setiap hari, cumaaan kalo disuruh berseni yaaaa masa olooooh bakat terpendam gw banget deh ampe ga keliatan saking terpendamnya.

Yah saat yang dinanti pun tiba, gw dag dig dug duer daia pengen liat pengumuman lolos pmdk apa kaga. Dan ternyataaa sodara sodara alhamdulillah gw dapet ft uns prodi arsi, apalagi setelah tau ternyata yang keterima pmdk cuman gw, badan gw langsung melayang saking ringannya (yang ini ga mungkin). Yah pokoknya gw bersyukur banget deh udah dapet uns yang gw mau.
Setelah daftar ulang dan mengurus tetek bengek segala macem, tibalah hari ospek. Di telinga gw ospek itu semacem kita para maru dijadiin mainan gratis oleh kakak kakak tingkat. Huhu bener aja ospek fakultas gw meaningless banget, hasil tugasnya useless. Satu satunya yang menghibur gw adalah temen kelompok dan kakak pembina gw anaknya asik semua. Sumpah asik gila, itu yang ngebikin gw betah di solo. Baru ketemu tiga hari padahal tapi kaya udah temenan lamaaaa banget. Cinta deh gw ama mereka. Nah setelah osfak (baca faknya biasa aja ya) ada osjur. Dimana kita ospek, yang di ospek hanya anak anak sejurusan yaitu arsi. Disini enaknya tugasnya keren, ga useless, ga meaningless.

Dari sekian banyak tugas, ada beberapa tugas yang membuat gw ‘ini nih yang gw ga pengen ketemu sama yang beginian’. Bukan, kita bukannya disuruh ngorek sampah jadi pemulung ato apa, cuman kita disuruh gambar. Yak gambar. Gambar sodara sodara. Seperti yang gw bilang diatas tadi bahwa bakat seni gw terpendam begitu dalam.
Tugas gambar pertama disuruh membuat poster diri. Disini masih oke, kita bebas mau gambar apa aja sekreatif kita (tetep aja gambar gw ga kreatif). Tugas kedua disuruh bikin gambar tampak-gambar dua dimensi-dengan bentuk dasar persegi, segitiga dan lingkaran. Ngebayanginnya aja otak gw udah nyut nyutan. Tugas ketiga kita bikin sketsa tiga dimensi. Sumpah rasanya pengen nangis.

Nah mulai dari sini kita serius yah. Hem.

Lo ngerti ga sih gimana rasanya lo ga bisa renang cuman lo dipaksa berenang? Tenggelem iya. Gw rasanya sangat sangat kesal dengan diri gw, kenapa gw ga bisa gambar? Kenapa tangan gw begitu susah untuk membuat goresan goresan yang menghasilkan sesuatu dalam selembar kertas? Kenapa temen temen gw dengan mudahnya bisa menggambar apa yang mereka mau apa yang mereka lihat? KENAPA GW PILIH ARSI WAKTU DULU? Gw merasa sangat bodoh. Gw merasa Tuhan ga adil. Apa yang disebut adil kalo mereka bisa dan gw ga bisa? Apa yang disebut adil kalo mereka melakukan hal itu dengan mudah dan gw mesti mengeluarkan semua yang gw bisa dalam pencapaian yang minimal? Apa itu adil? Gw merasa sangat sangat salah milih jurusan. Gw merasa desperate padahal gw BARU seminggu berada dalam situasi seperti itu, sedangkan gw dituntut untuk bisa menuangkan ide gw dalam lembaran kertas selama beberapa tahun ke depan. Gila.

Gw mencoba berbincang dengan kakak tingkat gw, gw mengeluh tentang gw yang ga bisa gambar. Apa dia bilang? Lama lama belajar bisa kok dek. Mudah sekali rasanya. Pernah ngerasain ga kalo kita udah ga suka sama suatu pelajaran, ato sama gurunya, mau jungkir balik juga kita bakal susah nerima pelajaran itu. Di masa gw sma, gw masih bisa mengatasi hal hal seperti itu. Saat ini, gw merasa itu adalah gw banget. Gw ga bisa gambar. Dan gw langsung ga suka dengan kegiatan itu. Gimana gw mau belajar?
Mungkin jahat kalo gw bilang Tuhan ga adil. Gw pernah bilang sama temen gw, dia mau masuk jurusan A, tapi keterimanya di B. Gw bilang itu jalan Tuhan. Tuhan pasti tau apa yang terbaik buat kita. Apa yang Dia pilih itu jalan yang indah buat kita. Bukan bagaimana hasilnya nanti, tapi lebih ke prosesnya kita. Di manapun kita belajar di jurusan apapun kita keterima, kalo Tuhan yang pilihkan itu berarti yang terbaik buat kita.

Mengulang memori itu, gw sadar kalo hal itu terjadi sama gw. Kenapa gw bisa masuk arsi kalo Tuhan ga mau gw masuk arsi. Gw nya sendiri maunya masuk fk, tapi jalan Dia maunya gw masuk arsi. Gw sadar kalo gw emang mesti berproses. Mungkin Dia memasukan gw ke arsi karna Dia tau gw ga bisa gambar, lulus dari arsi gw jadi jago gambar. Mungkin jalan-Nya adalah membuat gw dari tidak bisa menjadi sangat bisa. Amin.
Seperti apa yang berada di dalam The Holy Quran, “Then which of the favours Of your Lord will ye deny?” “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (Ar-Rahman:13)

Sangat tidak bersyukur kalo gw menyesali keterimanya gw di arsi ini. Beratus ratus orang yang kurang beruntung ga bisa sekolah, ga bisa ngerasain enaknya kuliah, ga bisa ngerasain bagaimana rasanya masuk fakultas teknik, fakultas paling kece sedunia. Sedangkan gw amat amat beruntung, gw masuk tanpa tes, gw masuk teknik, gw masuk arsitektur, gw dapet uns yang gw pengen. Inilah nikmat Tuhan yang tadinya gw dustakan.

Mungkin gw emang belom bikin bangga bokap, karna gw tau, yang bisa bikin beliau bangga dan puas adalah gw menjadi dokter ato masuk stan. Gw ga mau masuk stan. Dan gw belom dapet kesempatan untuk mencoba masuk FK UNS. Namun gw bangga karna dengan gw mendapat pmdk ini, nyokap gw tersenyum manis sama gw, sama seperti senyumnya yang beliau kasih ke kakak gw beberapa tahun lalu saat keterima pmdk. Mungkin gw emang belom menghasilkan apapun, menunjukan apapun. Tapi, suatu saat nanti beliau tersenyum lebar saat tahu gw adalah arsitek terhebat yang beliau miliki, dan gw dengan bangga mengetahui bahwa gw sangat amat beruntung bisa kuliah di arsitektur, seperti jalan Tuhan yang Tuhan inginkan. Dan setelah post ini berakhir, entah bagaimana caranya apapun alasannya, gw mesti belajar menggambar dan HARUS bisa menggambar :)



“Then which of the favours Of your Lord will ye deny?”

5 komentar:

  1. waluyo..haha
    selamat datang di arsitektur,

    BalasHapus
  2. makasih kak
    jangan lupa untuk mengajarkan saya menggambar :p hehehe

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. yang kamupikirkan blum tentu sebaik dengan apa yang ada didepan kamu sekarang .

    BalasHapus
  5. Wah, nice blog ....... . salam ukhuwahhhhhhhhhh

    BalasHapus